Kamis, 11 Juni 2015

5 Aplikasi di LINUX


Linux adalah sistem operasi terbuka atau biasa disebut Open Source, jadi untuk mengunduhnya bisa dikatakan bebas dari biaya.
Oh iya, mengenai aplikasi Linux sendiri sebenarnya ada beberapa macam. Ada yang untuk multimedia, ada yang untuk programming, dan ada juga yang untuk masalah jaringan.
Oke, yang kita bahas disini adalah software multimedia untuk Linux. Aplikasi multimedia untuk Linux sebenarnya cukup banyak, tapi yang wajib diinstall ada 5. Mau tahu apa saja? Ini dia!
1. VLC Media Player
VLC Media Player merupakan software pemutar berbagai macam file multimedia dari berbagai format, seperti .mp3(suara), .mp4, .aac, .ts, .flv, hingga file .mkv mampu diputar di software ini. VLC Media Player merupakan software multimedia pilihan terbaik bagi anda. Software ini dapat diunduh secara gratis di Software Center.
Anda bahkan dapat menggunakan VLC untuk meng-convert file, dan di samping semua format dan media fisik yang dapat ia mainkan, terdapat pula dukungan untuk streaming protocol dan TV capture card.
VLC media player juga membuatnya mudah untuk menambahkan subtitle ke file video Anda - cukup tambahkan file SRT ke folder di mana video Anda tersimpan, maka ia akan menampilkan subtitle nya secara otomatis.
2. GIMP (GNU Image Manipulation Program)
Aplikasi ini sebagai pengganti aplikasi Photoshop di Windows. Fiturnya pun hampir sama dengan Photoshop, cuma bedanya terdapat di lisensi software dan juga tampilan.
GIMP berjalan pada desktop GNOME dan berlisensi GNU General Public License. Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format .xcf dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti .bmp, .jpg, .gif, .pdf, .png, .svg, .tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi yang ingin mengunduh aplikasinya, dapat diunduh melalui Software Center.
3. Inkscape
Software ini merupakan software pengganti CorelDraw di Linux. Fiturnya pun bisa dibilang sama persis dengan CorelDraw, seperti PowerClip, Grouping Image, dan lain-lain. Software ini bersifat gratis, karena software ini berlisensi GNU General Public License. Perbedaannya dengan CorelDraw hanya di tampilannya saja. Selain itu, software ini menyediakan palet warna cukup lengkap. Software ini dapat membuka file gambar dalam format apa saja, sepert .jpg/.jpeg, .png, dan lain-lain. Bagi yang ingin mengunduh aplikasinya, dapat diunduh melalui Software Center.
4. Audacity
Software ini merupakan aplikasi pemberi efek suara yang terbaik yang pernah ada di dunia open source. Aplikasi ini dibangun dengan pustaka WxWidgets sehingga dapat berjalan pada berbagai sistem operasi, termasuk Linux.
Dengan Audacity, Anda bisa mengoreksi berkas suara tertentu, mengedit suara, atau sekedar menambahkan berbagai efek yang disediakan. Selain itu, pengguna juga dapat berkreasi dengan suara yang dimiliki sendiri alias merekam suara.
Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur dan kestabilan. Pustaka yang digunakan juga tidak terlalu banyak dan waktu rendernya juga tidak terlalu lama. Bagi yang ingin mengunduh aplikasinya, dapat diunduh melalui Software Center.
5. Kdenlive
Kdenlive merupakan software editing video yang berbasis Open Source, jadi dapat diunduh secara gratis.
Software ini mendukung semua format yang didukung oleh FFmpeg(seperti QuickTime, .avi, .mpeg, .vmw, dan .flv), dan juga mendukung format PAL, NTSC, dan beragam video kualitas standar HD, termasuk HDV dan AVCHD. Bagi yang ingin mengunduh aplikasinya, dapat diunduh melalui Software Center.
Demikian penjelasan mengenai 5 software multimedia Linux, dan bagi yang ingin menginstallnya bisa install di Software Manager maupun di terminal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar