PEMBUATAN PROPOSAL MATERI IKLAN KOMERSIAL
“Keripik Jamur Kriuuks”
Diajukan sebagai syarat untuk mengikuti
Uji Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Umar Fatah Rembang
Tahun Pelajaran 2015/2016
Oleh :
Nama : Hestik Zuliyani
Nomor Peserta : XX-XXX-XXX-X
KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
SMK UMAR FATAH REMBANG
2016
PROPOSAL
PROJECT WORK
Nama Sekolah : SMK Umar Fatah Rembang
Program Keahlian : Multimedia
Kode : 2089
Alokasi Waktu : 24 Jam
Nomor Peserta :
Nama Peserta : Hestik Zuliyani
Judul Proyek : PEMBUATAN IKLAN KOMERSIAL “KERIPIK JAMUR KRIUUKS”
produk :
Rembang, .......................2016
Menyetujui:
DU/DI/Pemberi Order, Peserta Uji,
.......................................... ............................................ No. Peserta XX-XXX-XXX-X
Mengetahui:
Ketua Kompetensi Keahlian, Guru Pembimbing,
.............................................. ..............................................
I. LATAR BELAKANG
Pada umumnya iklan jaman sekarang masih kurang menarik minat masyarakat. Apalagi masyarakat awam yang kurang tau produk yang bisa terbuat dari ketela/ ubi tersebut. Iklan ini mengenalkan produk yang berbahan dasar sesuatu yang sederhana yang bernilai jual rendah, tapi dengan spesial efek yang disajikan didalamnya iklan ini akan menunjukkan jati diri yang sesungguhnya dari ketela/ ubi.
II. KEUNGGULAN DAN FUNGSI PRODUK/JASA
· Dengan spesial effect yang ditambahkan ke dalam iklan tersebut, membuat daya tarik tersendiri terhadap pemasaran produk.
· Mempromosikan produk yang akan diminati masyarakat.
III. SKETSA/GAMBAR KERJA (Jika diperlukan)
IV. STORY BOARD
Storyboard merupakan coretan berupa gambar/sketsa yang menjelaskan seluruh isi project (text, image, audio, video) dan menggambarkan urutan kejadian project yang dibuat. Di dalam gambar tersebut juga berisi catatan mengenai adegan, sound, sudut dan pergerakan kamera, dan lain sebagainya. Penggunaan storyboard jelas akan mempermudah pelaksanaan dalam proses produksi nantinya.
V.
SOFTWARE
SOFTWARE
No
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Operating System
|
Window 7 (64 bit), atau Windows 8(64 bit)
|
buah
|
1
|
2.
|
SW Digital Imaging
|
Adobe Photoshop
|
buah
|
1
|
3.
|
SW 2D Animation
|
Adobe After Effect
|
buah
|
1
|
4.
|
SW Digital Audio
|
Adobe Audition
|
buah
|
1
|
6.
|
SW Digital Illustration
|
Adobe Illustrator
|
buah
|
1
|
7.
|
Driver Periferal Scanner
|
Sesuai merk/type scanner
|
buah
|
1
|
VI. HARDWARE
No
|
Nama Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Pemilik
|
1.
|
Komputer
|
· Intel Pentium III atau AMD 800 MH
· RAM 512 MB
· VGA min 16 MB
· CD-ROM, CD-RW
· Hard Disk 40 Gbyte
· Monitor SVGA
· Keyboard
· Mouse
· UPS/Stavolt
|
1 unit
|
Sekolah
|
3.
|
Scanner
|
Ukuran folio
|
1 buah
| |
5.
|
Kamera Digital
|
5 MPx
|
1 buah
| |
6.
|
Headset
|
Standar multimedia
|
1 buah
| |
7.
|
CD Blank
|
CDR
|
1 buah
|
VII. PROSES PRODUKSI (SISTEMATIKA KERJA)
1. Mengumpulkan bahan pembuatan produk (12 Jam)
2. Membuat proposal (12 Jam)
3. Membuat storyboard (8 Jam)
4. Memproses (48 Jam)
a. Editing Obyek
b. Animasi Obyek
c. Insert Suara
d. Integrasi File ke Software Multimedia
e. Packaging ke dalam CD-Autorun
5. Membuat Laporan (24 Jam)
6. Presentasi/verifikasi (16 Jam)
VIII. RENCANA ANGGARAN BIAYA
a. Perkiraan Biaya
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
Satuan
|
Harga
| |
Satuan (Rp)
|
Jumlah
| ||||
a
|
Harga Bahan:
- CD Kosong
- Tinta printer
- Kertas HVS
- ATK
|
3
1
1
|
Bh
Set
rim
|
3.000,-
20.000,-
20.000,-
15.000,-
|
9.000,-
20.000,-
20.000,-
15.000,-
|
b
|
Biaya :
- Desain produk (blueprint)
- Akses internet
- Scanning
|
12
4
|
jam
jam
|
500.000,-
3.000,-
5.000,-
|
500.000,-
36.000,-
20.000,-
|
c
|
Upah Kerja
|
200.000,-
|
200.000,-
| ||
Total
|
961.000,-
| ||||
d
|
Keuntungan Usaha 30%
|
288.000,-
| |||
e
|
PPn 10%
|
28.800,-
| |||
Jumlah
|
1.249.000,-
|
b. Perkiraan harga jual produk per keping CD :
Rp. 1.249.000 : 50 = Rp. 24.980,- dibulatkan Rp 25.000,-
IX. SASARAN PASAR/PENGGUNA
Semua umur diatas 7 tahun
X. JADWAL PELAKSANAAN
No.
|
Kegiatan
|
Jadwal Pelaksanaan
|
1
|
Rancangan Kerja
|
4 Januari 2016
|
2
|
Pengambilan Gambar Produksi
|
17 Januari 2016
|
3
|
Pengumpulan Konten
|
19 Januari 2016
|
4
|
Proses Pra-produksi (UKK Praktek Hari-1)
|
25 Februari 2016
|
5
|
Proses Produksi (UKK Praktek Hari-2)
|
26 Februari 2016
|
6
|
Proses Pasca Produksi (UKK Praktek Hari-3)
|
27 Februari 2016
|
XI. Penutup
XII. LAMPIRAN
(berisi storyboard)
(tempat)
(waktu)
(teknik pengambilan)
(sudut pengambilan)
(keterangan)
Di sekolah
CU
Di lab. Komputer
BCU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar